Sunday, October 9, 2016

ORGGANISASI KOMPUTER DASAR

Organisasi Komputer adalah bagian yang terkait erat dengan unit-unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturnya. Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal-sinyal kontrol.
—Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait dengan unit‑unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem komputer.
contoh: sinyal kontrol, interface / antar muka, teknologi memori peripheral ( Perangkat keras / Hasdware adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. 

Objek Organisasi Komputer

  • Unit-unit operasional komputer
  • —Hubungan antara komponen sistem komputer
  • —Contoh: teknologi hardware, perangkat antarmuka,teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal

Struktur & Fungsi Komputer

  • Struktur adalah sistem yang berinteraksi dengancara tertentu dengan dunia luar.
  • —Contoh : CPU ( Procesor), Memory Utama
  • —Fungsi adalah operasi dari masing-masing komponen yang merupakan bagian dari struktur

Fungsi dari Komputer

  • —Fungsi Operasi Pengolahan Data
  • —Fungsi Operasi Penyimpanan Data
  • Fungsi Operasi Pemindahan Data
  • —Fungsi Operasi Kontrol

Komputer Sebagai Mesin Multilevel

  • Tingkatan bahasa dan mesin virtual yang mencerminkan kemudahan komunikasi antara manusia sebagai pemrogram dengan komponen elektronik dalam sebuah komputer sebagai pelaksana
  • Prinsip Mesin Multilevel : Semakin tinggi level mesin, semakin mudah cara komunikasinya

logika multi level

Bahasa mesin yang memerlukan interpreter untuk diterjemahkan ke dalam mesin L(n-1)

Bahasa mesin yang memerlukan interpreter untuk diterjemahkan ke dalam mesin L1

Bahasa mesin yang memerlukan interpreter untuk diterjemahkan ke dalam mesin L0

Lingkup rekayasa elektronik, program langsung dijalankan oleh sirkuit elektronik.


Komputer sebagai Mesin 6 level

Level Bahasa Tingkat Tinggi

Level Bahasa Rakitan; bahasa aras rendah (assembler)
Level Mesin Sistem Operasi; interpretasi parsial oleh Sistem Operasi

Level Arsitektur Perangkat Instruksi; instruksi dasar mesin sesuai manual pabrik 
Level Arsitektur Mikro; rangkaian dasar prosesor
Level logika digital; logika dibuat dalam logika gerbang


Fase Umum Perkembangan Komputer

  • Tahap Manual
—Ditemukan sistem penghitungan oleh manusia melalui hitungan jari, tanah liat. 9000 – 2500 SM : dikenal sistem perhitungan jam, kalender, rumus, dan fungsi hitungan. Berkembang seiring ditemukan beberapa sistem baru seperti perbankan, audit. Sampai sekarang masih dipakai.
  • Tahap Mekanikal
Pascaline (kalkulator Tradisional) oleh Blaise Pascal (1623 – 1662)
Logic Demonstrator ( mesin logika) oleh Charles Mahon (1777) 
Babbage’s Analitycal Engine ( alat hitung/ kalkulator, oleh Charles Babbage (1833)
  • Tahap Mekanik Elektronik
Diawali dengan penemuan mesin tabulasi kartu plong pada tahun 1890 oleh Dr. Herman Holerith. Dari amerika membuat mesin ini untuk digunakan sensus penduduk dan kemudian bekerja sama mendirikan perusahaan IBM ( International Bussines Machine )
  • Tahap Elektronik
Ditandai dengan penemuan komputer pertama ABC (Anatasoff-Berry Computer) yang menggunakan tabung hampa udara (1942)
Dilanjut dengan MARK I oleh Howard Aiken (1944)

Komputer Generasi Pertama (ENIAC) bag-1

  • Electronic Numerical Integrator And Computer
  • — Eckert and Mauchly University of Pennsylvania
  • Pembuatan jarak dan tabel lintasan peluru kendali senjata baru
  • Dimulai tahun 1943 Selesai tahun 1946 (Too late for war effort)
  • Digunakan sampai tahun 1955

Komputer Generasi Pertama (ENIAC) bag-2

  • Decimal (not binary)
  • 20 akumulator masing-masing menampung 10 digit desimal
  • Diprogram secara manual dengan switch
  • 18,000 tabung vakum
  • 30 tons
  • 15,000 meter persegi
  • 140 kW konsumsi dayanya
  • 5,000 operasi penambahan / detik

Komputer Generasi Kedua (59-63)

  • Menggunakan transistor sebagai sirkuit dan dioda untuk menggantikan tabung vakum
  • Kapasitas memori lebih besar
  • Memiliki kemampuan pross realtime dan time sharing
  • Program dibuat dengan bahasa pemrograman tingkat tinggi
  • Contoh : PDP1, IBM7070, UNIVAC III

Komputer Generas Ketiga (63-65)

  • Munculnya sirkuit mini berbentuk Hybrid Integrated Circuit
  • Transistor dan diode diletakkan dalam satu tempat
  • Beriorentasi ke komunikasi data
  • Penanganan lebih dari satu operasi secara serempak
  • Contoh : IBM S/360

Komputer Generasi Keempat (70-80)

  • Menggunakan LSI (Large Scale Integration)/ Memadatka ribuan IC dalam sebuah chip
  • Menggunakan mikriprosesor dan memori internal yang juga menggunakan semikonduktor berbentuk chip.
  • Mulai dikembangkan jaringan komputer dan konsep LAN
  • Contoh : IBM 370

Komputer Generasi Kelima

  • Ditandai dengan pemanfaatan Very Large Scale Integration.

Generasi dari Komputer

  • Tabung Vakum - 1946-1957
  • Transistor - 1958-1964
  • Small scale integration - 1965 on àUp to 100 devices on a chip
  • Medium scale integration - to 1971à100-3,000 devices on a chip
  • Large scale integration - 1971-1977 à 3,000 - 100,000 devices on a chip
  • Very large scale integration - 1978 to date à 100,000 - 100,000,000 devices on a chip
  • Ultra large scale integration àOver 100,000,000 devices on a chip.

Struktur Dasar Komputer

Fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur di atas adalah sebagai berikut:

1.Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Contoh : keyboard 

2. Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. 

3. I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. Peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
4. CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. 

5. Memori
Memori terbagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan memori eksternal. Memori internal berupa RAM (Random Access Memory) yang berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu, dan ROM (Read Only Memory) yaitu memori yang hanya bisa dibaca dan berguna sebagai penyedia informasi pada saat komputer pertama kali dinyalakan. 

6. Data Bus
Adalah jalur-jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran
menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, artinya CPU dapat membaca dan menerima data melalui data bus ini. Data bus biasanya terdiri atas 8, 16, 32, atau 64 jalur paralel. 

7. Address Bus
Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca. 

8. Control Bus
Control Bus digunakan untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus. Terdiri atas 4 sampai 10 jalur paralel.

Fungsi komputer adalah operasi masing masing komponen sebagai bagian dari struktur
Struktur Utama Komputer

  • Struktur CPU





  • Fungsi Komputer
  1. Pemindahan Data
  2. Penyimpanan Data
  3. Pengolahan Data
  4. Kontrol
  5. Pemrosesan data dari penyimpan data ke I/O 
Contoh: printing a bank statement 

1. Fungsi Operasi Pemindahan Data
Contoh : Keyboard ke Screen




2. Fungsi Operasi Penyimpanan Data
Contoh : Download File dari Internet ke Media Penyimpanan








3. Fungsi Proses dari/ ke Unit Penyimpanan
Contoh : Updating bank statement






4. Fungsi Proses dari Unit Penyimpanan ke I /O
Contoh : Printing a bank ke statement




  

No comments:

Post a Comment